Experience Ikut Pengecoran di Sebuah Proyek

Assalamualaikum,..

kali ini gw mau sharing aja,. seterah mau baca atau engga..
gw kerja di perusahaan konsultan bangunan, saat itu tgl 31 Januari 2020 gw di tugasin sama bos gw utk liat liat sambil belajar ngeliat proses pengecoran yang ada di daerah cisarua bogor, kebetulan perusahaan tempat gw kerja jadi konsultan manajemennya..

rencana kontraktor pengecoran mulai jam 22.00 WIB.. dan gw dari pagi jam 9 sudah di proyek, kebetulan ada beberapa rapat bahas tentang proyek.. kira2 sampe malem semua orang yg terlibat di proyek mulai gelisah, terutama site manager dan project manager. kurang lebih jam 21.00 WIB Mobil pompa (concrete pump) dateng dan memasuki area proyek,.. setelah 30 menit setting pompa sudah selesai.. pada jam 22.00 WIB mobil readymix belum sampai proyek.. PM dan SM sudah mulai gelisah dan panik.. krn waktu pengecoran terbatas, jam 6 pagi mobil sudah harus keluar dr proyek, krn melewati jalan puncak atau jalan protokol dan sering padat. sekitar jam 11.00 WIB Mobil readymix pertama dateng,.. PM dan SM sudah agak "sumringah".

tetapi ngga sampe disitu doang,. setelah mobil masuk,. terus diadain slump test kyak di video di bawah ini :



Sehabis Slump test mobil readymix mundur mendekati mobil concrete pump. karena kondisi tanah yang becek dan menanjak,, mobil kehilangan kendali, dan akhirnya "njeblos" atau terperangkap ke lumpur, sepertinya supirnya terlalu minggir, jadinya ban mobil masuk ke tanah yang ngga ada perkerasannya. setelah di coba beberapa kali mobil masih juga tidak bisa keluar.. setalah 30 menitan, mobil kedua dateng, dan akhirnya mobil 1 di tarik menggunakan besi tulangan d10 oleh mobil 2.. dan yesss akhirnya  bisa keluar dari perangkap.

mobil sudah di belakang mobil concrete pump dan siap untuk di alirkan ke footplat.. alhamdulillah cuaca nya lumayan cerah. dan akhirnya pengecoran lancar sampai pagi,. mobil terakhir keluar jam 6 pagi..

okee segitu aja cerita pengalaman gw ikut pengecoran di sebuah proyek di bogor.. thanks guys.. jgn lupa subscribe channel gw yaa... :)
Previous
Next Post »